Reseller hosting

13 Mei 2012

10 ciri dosen profesional dalam dunia pendidikan


1. Selalu punya energi untuk mahasiswanya
Seorang dosen yang baik menaruh perhatian pada mahasiswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. dosen yang baik juga punya kemampuan mendengar dengan seksama serta berempati dengan permasalahn sekarang.

2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran
Seorang dosen yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap pertemuan, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif
Seorang dosen yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  mempromosikan perubahan serta perbaikan perilaku positif di dalam kelas.

4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik
Seorang dosen yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku mahasiswa yang baik, saat mahasiswa belajar dan bekerja sama secara efektif,  membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.


5. Bisa berkomunikasi dengan Baik dengan Orang Tua Seorang dosen yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi dengan anak-anak mereka di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu-isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi  panggilan telepon, rapat, email dalam proses edukasi malahan sekarang sudah masanya elearning seperti memanfaatkan twitter, facebook dan webs edukasi.

6. Punya harapan yang tinggi pada mahasiswanya
Seorang dosen yang baik memiliki harapan yang tinggi dari mahasiswa dan mendorong semua mahasiswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.

7. Pengetahuan tentang Kurikulum
Seorang dosen yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang dosen yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para mahasiswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

9. Selalu memberikan yang terbaik  untuk Anak-anak dan proses pengajaran
Seorang dosen yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan peserta didik. Mereka gembira bisa mempengaruhi mahasiswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan mahasiswanya, sekarang dan nanti ketika mahasiswanya sudah berada di dunia kerja yang sebenarnya.

10. Punya hubungan yang berkualitas dengan mahasiswa
Seorang dosen yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan mahasiswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.


[Source : Dosen kreatif dot com]


0 komentar:

Jasa Web Murah

Reseller hosting

Kabar UPI

Reseller hosting
Reseller hosting
Reseller hosting